Sabtu, 20 Februari 2010

TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN ; tugas 1

A. Penggunaan TIK dalam Pemebelajaran

Ada banyak perbedaan – perbedaan yang dapat saya rasakan, dari mulai saya berada di bangku SD,SMP dan SMA, antara lain perbedaan dalam penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran.Ketika saya berada duduk di bangku SD saya belum pernah merasakan media pembelajaran yang menggunakan teknologi informasi.Mungkin pada waktu saya duduk di bangku SD tersebut perkembangan teknologi seperti internetdll belum berkembang seperti saat ini, sehingga saya belum dapat mengetahuinya. Tetapi semakin berjalannya waktu, teknologi informasi dalam pembelajaran semakin berkembang.Hal tersebut mulai saya rasakan ketika saya duduk di bangku SMP.Adapun hal – hal yang saya rasakan adalah masih sebagian kecil dari kemajuan teknologi informasi dalam pembelajaran diantaranya telah digunakan computer dalam pendidikan.

Tetapi dengan berjalannya waktu, lama kelamaan teknologi informasi semangkin berkembang dengan pesat.Hal tersebu mulai benar benar saya rasakan kertika saya berada di bangkuk SMA.Ada banyak hal yang saya rasakan sangat berubah dibandingkan ketika saya berada di bangku SD,SMP.Ketika saya berada di bangku SMA perkembangan teknologi dalam dunia pembelajaran suda sangat pesat,seperti antara lain di gunakannya media audio visual, dan penggunaan computer dalam pembelajaran.
Hal yang saya rasakan tersebut dapat dikatakan bahwa sekolah dimana tempat saya menuntut ilmu sudah dapat di kategorikan sebagai sekolah yang sudah mengikuti perkembangan teknologi informasi di dalam dunia pendidikan,karena sekolah yang dapat dikategorikan ke dalam sekolah yang sudah menggunakan teknologi informasi di dalam dunia pendidikan itu harus melalui 3 tahap antara lain :

1.Penggunaan Audio Visual

Penggunaan audio visual yaitu alat bantu berbentuk audio ( memanfaatkan pendengaran ) visual ( memanfaatkan penglihatan )di kelas untuk menyampaikan materi pembelajaran.Mungkin hal ini yang sangat terasa berbeda sekali ketika saya duduk di bangku SD,atau SMP.Ketika saya duduk di bangku SD,SMP, karena pembelajrannya hanya sering menggunakan metode ceramah saja, hal ini yang sering membuat saya merasa jenuh dan bosan di dalam mengikuti proses belajar mengajar.Tetapi semenjak saya duduk di bangku SMA ini ,minat belajar saya semangkin meningkat, karena saya merasakan ada hal baru yang sangat menarik dalam proses belajar mengajar selain dengan metode ceramah.Penggunaan audi visual ini sangat membantu pemahaman siswa terhadap materi yang di ajarkan, karena penggunaan audio visual ini dapat langsung memperlihatkan baik gambar dll yang sesuai dengan pembahasan materi yang diberikan.

2.Penggunaan Komputer di dalam dunia pendidikan

Selain penggunaan audio visual di saat saya duduk di bangku SMA, pembelajaran juga menggunakan langsung computer.Kompueter di dalam dunia pembelajran adalah salah satu alat yang paling mendukung di dalam proses pembelajaran.Karena dengan adanya computer lebih membuat pariasi belajar siswa semangkin meningkat,dan hal ini juga sangat saya rasakan keuntungannya.Saya sangat merasakan bagaimana perbedaan dalam penerimaan materi pembelajaaran sebelum dan sesudah menggunnakan media informatika dalam dunia pembelajaran ini.

3.Pemanfaatan Internet Dalam Pembelajaran

Pemanfaatan internet di dalam proses belajar mengajar lebih melengkapkan penggunaan media informatika di dalam proses belajar mengajar.Hal ini yang semangkin meningkatkan motivasi belajar saya.Semenjak kami, khususnya saya berhubungan langsung dengan internet minat belajar saya semangkin tumbuh, karena ada banyak hal yang menarik yang dapat kita ketahui.Pemanfaatan internet ini di gunakan untuk mencari bahan / referensi baru untuk mendukung pembelajaran

Hal – hal diatas yang membuat minat belajar saya semangkin meningkat,dan kita dapat mengetahui begitu besar dampak teknologi informasi terhadap mutu serta meningkatkan motivasi belajar seorang siswa.Sesuai dengan teori motivasi kompetensi yaitu ide bahwa orang termotivasi dan memproses informasi secara efisien.Dan teori ini yang saya rasakan juga bahwa saya sangat termotivasi karena adanya sarana ataupun prasarana yaitu berupa teknologi informasi di dalam dunia pendidikan, dimana karena hal tersebut saya harus selalu dapat mengembangkan diri saya di dalam proses belajar mengajar yang dapat semangkin berkembang ini.

09 Februari 2010
M.RICKY SANJAYA
091 301 005


DAFTAR PUSTAKA
Santrock,John W.2004.Psikologi Pendidikan.Kencana.Jakarta
Munir.2008.Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi.Alfabeta.Bandung


Tidak ada komentar:

Posting Komentar