Selasa, 17 Mei 2011

Testimoni Performa Seluruh Kelomp


Demonstrasi

Bagi saya sulit rasanya jika diminta meletakkan objektifitas murni dalam penilaian yang bersumber dari subjektifitas pribadi. Hal ini juga saya alami dalam menilai performa kelompok demonstrasi. Secara umum, sebagai yang pertama, kelompok demonstrasi tergolong sudah cukup mapan dalam mempersiapkan demonstrasi mereka. Walau sempat terjadi mati listrik pada saat demonstrasi akan dimulai, namun kelompok secara kreatif berusaha menanggulangi masalah tersebut dengan memberikan penjelasan kepada kami dan memberikan alternatif cara dalam memperagakan proses demonstrasi.
Dalam demonstrasi membuat coklat strawberry yang dilakukan kelompok, saya merasa sangat apresiatif. Selain karena ini merupakan pengalaman pertama saya ikut dalam demonstrasi membuat coklat, hal lain yang juga menjadi nilai tambah adalah pengetahuan yang saya dapat menjadi bertambah. Saya jadi tahu secara aplikatif bahwa ternyata coklat memang benar-benar memiliki titik jenuh karena selama ini saya hanya mengetahuinya secara  teori tanpa pernah memahaminya lewat jalan implementatif.
Secara umum performa kelompok saya rasa cukup memuaskan. Harapannya agar ke depannya kelompok demonstasi dalam lebih kreatif dalam memilih bahan.

Diskusi

Awalnya saya berpandangan bahwa diskusi itu cenderung pada brainstorming dan perdebatan dalam merasionalisasi argumen masing-masing-masing individu kepada individu lain. Namun ternyata pendapat saya itu tidak sepenuhnya benar karena kelompok diskusi menyajikan bentuk lain dari diskusi yang benar-benar berbeda dari diskusi pada umumnya. Saya rasa itu bisa jadi main point bagi kelompok diskusi.
Meski kelompok telah berusaha maksimal dalam menyiapkan performa terbaik dalam diskusi, namun sangat disayangkan karena diskusi yang terjadi berjalan cenderung monoton dan agak membosankan. hal ini dapat terjadi karena menurut saya metode diskusi yang dipilih kelompok kurang representatif terhadap model-model peserta seperti kami. Mungkin metode diskusi flanel ini akan lebih cocok diterapkan pada kelompok diskusi yang lain. Selain itu bahan permasalahan juga menurut saya kurang menarik untuk dikaji. Mestinya kelompok bisa menerapkan kajian-kajian kreatif dalam diskusi kemarin meskipun tetap dibingkai dalam tema diskusi yang sama.
Namun secara umum performa kelompok dan usaha mereka saya rasa pantas diberikan apresiasi tersendiri. Good job.

Karyawisata

Bagi saya pribadi, kelompok karyawisata merupakan kelompok yang paling profesional (selain karena memang mereka memilih pemateri profesional:P) baik dari segi acara maupun segi pemilihan materi. Saya benar-benar merasa terkesan saat diajak berkaryawisata ke Sushi Tei, karena jujur saja, kalau bukan karena karyawisata ini, mungkin saya tidak akan pernah masuk dan mencicipi hidangan di Sushi Tei itu (tentu saja ini karena masalah harga menunya yang melambung tinggi sampai ke langit). Selain itu profesionalitas Sushi tei dalam menyajikan program karyawisata benar-benar memberikan kesan tersendiri yang sulit dilupakan.
Overall…Good Job…I Like It…So Much.

Pelatihan

Secara umum saya katakan kelompok saya berhasil, namun tidak bisa dipungkiri ada banyak sekali ketidaksiapan yang kami alami terkait performa kami. Saya hanya berharap agar kelompok pelatihan ke depannya dapat lebih baik lagi dalam mempersiapkan performanya. Sebisa mungkin lakukan upaya preventisasi terhadap berbagai kemungkinan yang tidak kita harapkan karena hal ini bisa saja terjadi sewaktu-waktu. Terima kasih.

1 komentar: