Rabu, 25 Mei 2011

simulasi uas online

SOAL 1
Berdasarkan evaluasi konerja kelompok, prinsip yang telah saya lakukan berdasarkan prinsip umum pendidkan dan psikologi ( Morgan, et al, 1976 ) 


1.       Mempunyai tujuan yang pasti
Dimana dalam hal ini evaluasi dilakukan hanya untuk mencapai tujuan yang pasti, dimana saya sebagai anggota kelompok memberi kan  hasil evaluasi yang  harus dapat untuk memecahkan masalah yang ada, baik dari segi persiapan hingga penyajian materi yang ada.

     2. Menggunakan tujuan perilaku yang terjangkau dan pasti
Dimana dalam poin ini evaluasi yang saya sumbangkan untuk kelompok kami harus  menggunakan tujuan yang pasti. Dimana tujuan ini dapat menjadi feedback untuk kelompok kami
 .              3.  Menggunakan instrument yang tepat dalam evaluasi
Dalam mengevaluasi hasil kenerja kelompok, akan lebih baikm apabila diberikan suatu intstrumen pengambilan data, dimana data tersebut dapat member feedback langsung kepada kelompok. Adapun data yang digunakan berupa lembaran kesan pesan dari pelatihan yang telah kami lakukan.
 .            4.   Tidak perlu mengevaluasi semua hasil pembelajaran
Dalam hal ini dikatakan tidak perlu bahkan tidak dianjurkan untuk mnegevaluasi semua hasil pembelajaran. Nah, dalam hal ini saya lebih focus pada pemberian evaluasi terhadapm persiapan kelompok kami.


Jawaban soal 2
Prosedur evaluasi saya dan kelompok pelatiihan gunakan adalah

Langkah 1 : Mengecek tujuan
Dalam mengevaluasi sesuatu, dalam hal ini adalah pelatihan kewirausahaan yang telah kami lakukan, dinyatakan bahwa semua evaluasi  harus berdasarkan pada objektif perilaku yang pasti. Oleh karena itu, langkah pertama adalah  memeriksa tujuan performansi atau perilaku dari setiap kegiatan yang di evaluasi.Adapun tujuan dari evaluasi kelompok yang kami lakukan

Langkah 2 : Memeriksa apa yang dilakukan untuk mencapai tujuan
Langkan ini merupakan langkah yang penting ketika mengevaluasi metode mengajar atau mengajar, dalam hal ini dalam mengevaluasi pelatihan yang telah kami berikan.Nah walau dalam hal ini kelpompok kami tidak membbuat seperti table yang ada pada  Suprijanto ( 2007 ) hal : 216, namun kami memformulasikannya dalam bentuk, menyusun laporan dari hasil kegiatan pelatihan yang kami lakuakn dalam bentuk poin – poin. Contohnya : isi pelatihan, kualitas materi dll.

Langkah 3 : Mengumpulkan bukti
Setiap orang terdidik harus dilatih mengenai bukti ( Suprijanto,2007 ). Suatu keputusan harus di ambil berdasarkan bukti yang lengkap dan valid. Nah dalam evaluasi kelompok kami adapun bukti yang di maksud adalah berupa feedback langsung yang berupa catatan yang di berikan dari dosen pembimbing serta catatan masukan dari teman – temana peserta pelatihan.

Langkah 4 : Menentukan sumber bukti
Adapun pada langkah ini berhubungan dengan dari mana informasi diperoleh. Dalam evaluasi kami sumber bukti adalah para peserta yang mengikuti pelatihan kewirausahaan, dan di tambahb feedback langsung dari dosen pembimbing.

Langkah 5 : Menentukan alat untuk memperoleh bukti
Ada sejumlah alat yang digunakan untuk memperoleh bukti untuk keperluan evaluasi. Seperti yang saya jelaskan tadi kami dalam evaluasi ini menggunakakn selembaran kertas yang harus diidi para peserta pelatihan dengan bagaimana pesan kesan serta masukan untuk kekurangan ddan kelebihan dari pelatihan yang telah kami laksanakan.

Langkah 6 : Menganalisis bukti
Banyak manfaat yang dapat di peroleh oleh pendidik orang dewasa dari pelaksanaan setiap hasil evaluasi. Nah, kami dari kelompok pelatihan mendapat banyak feedback dari para peserta pelatihan dan dosen pembimbing saat itu.Dari hasil itu kami analisa, yang akhirnya kami simpulkan secara garis besar

Langkah 7 : Menggunakan hasil
Dari hasil evaluasi yang kami peroleh, hasil tersebut dapat digunakan untuki :
a.       Perbaikan kedepan untuk kita semua, apabila melakkukan pelatihan
b.      Menambah wawasan atau pengaalaman kita di bidang pelatihan kewiraushaan

Refernsi :
  • Suprijanto, H. (2007). Pendidikan Orang Dewasa; dari teori hingga aplikasi.Jakarta: Bumi Aksara
  Testimoni :

 Saya sangat antusias dengan metode belajar seperti ini, selain menjadikan mahasiswa yang semakin handal di bidang teknologi,walau ini adalah hal yang sangat sederhana masih,namun banyak mahasiswa yang sebenarnya tidak paham dengan metode online seperti ini,, untuk simulasi hari ini, sangat baik menurut saya,namun hal yang saya takutkan adanya hal - hal yang tidak terduga - duga timbul saat ujian nanti. Contohnya : hari ini modem saya tiba - tiba rusak .Jadi kita sebagai orang dewasa harus dapat menyikapi ini dengan dewasa pula



2 komentar:

  1. Coba jelaskan, berdasarkan evaluasi konerja kelompok anda, prinsip mana saja yang telah anda lakukan?

    BalasHapus
  2. Prosedur evaluasi seperti apakah yang anda lakukan bersama kelompok sehubungan dengan evaluasi performa kelompok anda?

    BalasHapus