Jawaban 1 :
Berdasarkan prosedur evaluasi menurut Morgan pada langkah 1 yaitu mengecek tujuan.Menurut saya kelompok kami sudah cukup maksimal dalam melakukan prosedur langkah 1 ini. Dimana kami sebelum melakukan evaluasi dari performa kelompok kami, kami sudah menetapkan tujuan atau mengecek tujuan baik tujuan awal dari pelatihan yang kami laksanakan ataupun tujuan dari evaluasi itu sendiri.Adapun langkah konkrit yang tampak adalah kami meminta peserta pelatihan memberikan feedback langsung mengenai bagaiamana jalannya pelatihan yang kami laksanakan, berupa materi, isi pelatihan, kualitas materi. Nah, lagkah ini kami ambil berdaskan tujuan evaluasi yang telah kami sepakati bersama.Dimana dari feedback tersebut kami dapat mengetahui apakah pelatihan tersebut sudah sesuai dengan tujuan awal diadakannya pelatihan tersebut. Adapun langkah - langkah atau kontribusi yang saya berikan untuk kelompok saya adalah saya telah menyumbangkan berupa ide - ide mengenai apasih tujuan kami melakukan pelatihan tersebut, yaitu diantaranya ide bagaiamana sih cara yang efektif agar materi pelatihan yang diberikan dapat di formulasikan dalam kehidupan nyata.Dengan kata lain saya memberi ide berupa tujuan pelatihan kami agar pelatiihan yang dilakukan dapat benar -benar di implementasikan dalam kehiupan nyata,bukan hanya berupa teori saja.Sedangkan dalam sisi tujuan evaluasi, saya juga membantu dalam hal pengambilan kesimpulan apakah pelatihan yang kami lakukan telah mencapai atau sesuai tujuan awal berdasarkan selembaran kertas yang telah kami bagikan kepada peserta pelatihan.
Jawab 2
Langkah ke 3 Mengumpulkan bukti
Menurut saya dalam lanagkah ke 3 ini, kami tidak melakukannya dengan maksilmal, karena dalam hal mengumpulkan bukti, kelompok kami hanya memberi selembaran kertas untuk menuliskan feedback langsung berupa bgaiamana performansi kelompok kami dari mulai isi materi, bahan,kesan ,pesan,saran dll.Dan hal itupun hanya kami lakukan di akhir sesi pelatihan . Seharusnya sesuai dengan prosedur pelatihan menurut Morgan, et al.(1976 ) dalam hal mengumpulkan bukti ada 3 waktu :
1. Sebelum kegiatan di mulai , tujuan sebagai patokan yang dapat menujukkan kemampuan awal peserta didik pada awal kegiatan. Sehingga di kemudian hasi akan dapat ditentukan seberapa jauh kemjuan dari peserta pelatihan tersebut
2. Saat kegiatan berlangsung, tujuan untuk mengetahui tingkat dan kecepatan kemajuan yang dialami peserta didik atau peserta pelatihan.
3. Akhir kegiatan, tujuannnya bukti ini yang menunjukkan seberapa jauh perubahan yang terjadi dalam diri peserta pelatihan
Nah berarti berdasarkan dari langkah ketiga dari prosedur evaluasi Morgan, et al ( 1976 ) diatas agar dalam hal mengumpulkan bukti dapat benar - benar dipercaya dan valid,seharusnya dalam laporan evaluasi kelompok kami, kami menjelaskan :
1. kemampuan awal peserta didik pada awal kegiatan
2.Membuat laporan mengenai kecepatan kemajuan yang dialami peserta pelatihan
3.Membuat laporan mengenai seberapa jauh perubahan yang terjadi dalam diri peserta pelatihan
Dengan adanya laporan di atas kita dapat mengetahui seberapa jauh kemajuan dari peserta pelatihan tersebut dengan mebaca hasil evaluasi tersebut,serts dapat mengeahui apakah pelatihan yang kita laksanakan sesuai dengan tujuan awal kita untuk melakukan atau melaksanakan pelatihan itu sendiri.
Testimoni :
Ujian hari ini sangat menyenangkan, karena tidak seperti ujian biasanya,dimana merasakan presure yang sangat mengerikan bagi saya.Namun dalam ujian online POD ini merupakan ujian yang sangat membantu kami semua dalam hal menambah wawasan lagi dan tentunya sangat santai .Ujian hari ini adalah merupakan penglaman baru lagi dalam hal dunia belajar mengajar, dimana sebagai orang dewasa saya dapat menerima atau menambah pengetahuan saya kembali bagaimana cara mengatur waktu dengan efisien dengan metode yang kita laksanakan ini.
Kesan : Senang mengambil mata kuliah ini, menambah wawasan lagi dan semakin melatih dalam hal kuliah online, sebagai orang dewasa saya di ingatkan kembali bagaimana melakukan dan melaksanakan sesuatu, karena setiap perilaku punya konsekuensi nya.
Pesan : Metode ini harus di pertahankan atau lebih di kembangkan, mungikn bisa dengan materi kuliahnya disampaikan dengan online juga buk,jadi benar - benar memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada
Perhatikan laporan evaluasi performa kelompok anda. Berdasarkan prosedur evaluasi menurut Morgan pada langkah 1, apakah kelompok anda telah melakukannya dengan maksimal? Coba jelaskan apa yang sudah anda lakukan bersama kelompok berdasarkan langkah 1 saja.Jika anda belum melakukan dengan maksimal, penjelasan apakah yang dapat anda sampaikan pada kertas ujian ini?
BalasHapusJika selanjutnya kita melihat langkah ke 3 prosedur evaluasi menurut Morgan, apakah yang sudah kelompok anda lakukian dengan maksimal? Jika anda baru menyadarinya sekarang, bagaimanakah seharunya laporan evaluasi kelompok anda?
BalasHapus